Sistem pencahayaan merupakan komponen penting demi mempermudah atau melancarkan aktivitas-aktivitas manusia terutama di malam hari. Pencahayaan alam yang minim di waktu malam, dan mobilitas manusia di era ini yang makin tinggi, menuntut fasilitas di jalanan umum, terutama tiang lampu harus diperbanyak. Beragam tiang lampu mulai diproduksi oleh para pelaku usaha. Jenis-jenis tiang lampu ini tentu juga akan disesuaikan dengan area atau kawasan tempat yang akan diberi penerangan.

Misalnya saja kawasan bandara. Bandara, atau juga sering disebut Bandar Udara adalah fasilitas, kawasan terbuka yang berfungsi sebagai tempat pesawat terbang untuk mendarat dan lepas landas. Lapangan udara ini tentu akan selalu beroperasi untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Di waktu pagi, siang, maupun malam. Sehingga dari sini, sebuah sistem pencahayaan sangat dibutuhkan demi memudahkan aktivitas dan jalannya transportasi udara tersebut terutama di malam hari.

Penempatan lampu yang cocok untuk kawasan bandara adalah tiang lampu highmast. Tiang lampu highmast sendiri adalah tiang lampu yang memiliki pancaran cahaya yang luas. Gudanglampuku akan mengulas seberapa pentingnya lampu highmast untuk kawasan bandara, sehingga Anda akan memiliki gambaran secara jelas fungsi dan kelebihan lampu highmast.

Tiang Lampu Highmast Memiliki Pancaran Cahaya yang Luas.

Pancaran cahaya yang luas adalah kelebihan dari tiang lampu highmast. Mengingat kawasan bandara yang luas, waktu operasional bandara yang hingga malam, maka pemasangan lampu highmast sangat disarankan, agar area bandara memiliki pencahayaan yang cukup.

Bagi pesawat yang akan mendarat dan lepas landas akan terbantu dengan pancaran cahaya-cahaya dari tiang lampu highmast yang terpajang di area bandara. Pemasangan lampu highmast juga sangat cocok dipasang di wilayah luas yang lain seperti lapangan, bandara, dermaga, area parkir yang terbuka luas, persimpangan jalan raya, pusat perbelanjaan dan daerah industri. Tiang lampu highmast juga sering disebut dengan tiang lampu sorot.

Efektivitas Jumlah Tiang Lampu dan Biaya yang Dikeluarkan

Pendapat yang mengatakan bahwa pemasangan tiang lampu di area luas mengeluarkan biaya yang tidak sedikit adalah hal yang keliru. Pengeluaran biaya yang dikhawatirkan akan membengkak ini bisa diatasi dengan pemilihan tiang lampu berdasarkan area/ tempatnya. Misalnya, area jalan umum akan lebih pas jika dipasangi tiang lampu PJU. Karena cahaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Berbeda dengan kawasan bandara. Karena cenderung membutuhkan cahaya yang banyak, yang bisa menjangkau semua titik gelap di kawasan bandara, namun tetap mempertimbangkan biaya pengeluaran, maka demi menghemat anggaran, lampu highmast menjadi pilihan terbaik untuk sistem pencahayaan di kawasan bandara.

Tiang Highmast berbeda dengan tiang lampu lainnya. Sebelum Tiang High Mast digunakan, penyesuaian terhadap jumlah lampu yang dibutuhkan perlu diperhatikan. Dalam satu tiang bisa terpasang lampu tipe LED atau tipe lain sejumlah 5 buah pada bracket/ panel.

Hemat Pengeluaran dengan Pilihan Lampu LED Listrik

Dengan lampu LED akan hemat energi. Berbeda dengan lampu biasa/ lampu pijar lainnya. Kelebihan lampu LED adalah tahan lama. Dibanding lampu pijar biasa, lampu LED jauh lebih awet. Kini model lampu LED sudah banyak digunakan dan dipasang pada tiang-tiang lampu, tak terkecuali pada tiang highmast. Dari sinilah, tiang lampu highmast dengan lampu LED pilihan menjadi komponen yang akan mendukung kegiatan operasional bandara di malam hari.

Tinggi Tiang Bisa Mencapai 40 – 50 Meter

Semakin tinggi tiang, semakin luas cakupan wilayah yang terjangkau cahaya. Namun, semakin tinggi dan luas, semakin besar daya lampu yang akan digunakan. Tiang lampu highmast yang kebutuhan jumlahnya tidak terlalu banyak (sedikit), tentu akan memudahkan proses perawatan atau pemeliharaannya. Berbeda dengan tiang lampu PJU yang berjejer puluhan sepanjang jalan raya, yang mana juga akan memakan waktu dan tenaga untuk biaya perawatannya.

Tiang Highmast Tahan Korosi

Karena melalui proses galvanisasi, atau proses pelapisan anti korosi pada tiang highmast, maka hal ini akan membantu tiang highmast bisa bertahan lama meski pada cuaca yang ekstrem.

Kelima poin di ataslah yang menjadi poin-poin, pentingnya tiang lampu highmast untuk kawasan bandara. Kami, Gudanglampuku siap sedia melayani konsumen/ pelanggan yang membutuhkan tiang lampu highmast dalam skala kecil maupun besar. Kami selalu memerhatikan perlindungan, keamanan, keselamatan dan ketahanan pada desain tiang highmast serta selalu memberikan kualitas terbaik untuk pelanggan.

Tim Gudanglampuku

Author Tim Gudanglampuku

More posts by Tim Gudanglampuku

Leave a Reply

Menu