Apakah Anda termasuk pejalan kaki di area perkotaan? Jika iya, Anda pasti menjadi pengguna trotoar sekaligus pedestrian. Trotoar atau pedestrian merupakan fasilitas jalan yang dibangun untuk menjadi tempat lalu-lalang para pejalan kaki. Jika jalan raya/ jalan beraspal diperuntukkan untuk kendaraan bermotor, maka pejalan kaki juga memiliki area atau kawasannya sendiri. Dengan kata lain, trotoar/ pedestrian adalah hak utama pejalan kaki.

Demi penataan kota yang teratur dan indah, kini pemerintah kota mulai berbenah dan lebih memerhatikan kondisi trotoar/ pedestrian sekitar. Bisa dikatakan, pembangunan pedestrian merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah pembangunan kota di masa depan. Area perkotaan akan tampak makin bersih, rapi, asri dan indah. Makin banyak masyarakat yang akan berkunjung dan melakukan aktivitas sosialnya di ruang terbuka. Mereka memanfaatkan pedestrian untuk berjalan ke tempat tujuan sambil menikmati & melihat suasana kota dengan aman dan nyaman. Pedestrian menjadi penghubung satu tempat dengan yang lainnya tanpa mengganggu pengguna jalan raya lainnya, seperti mobil, motor, bus, dan truk.

Hal ini tentu makin memudahkan masyarakat. Alhasil, pejalan kaki punya aksesnya sendiri.  Pada beberapa trotoar/ pedestrian yang diperhatikan dengan baik, terdapat beberapa fasilitas tambahan guna menunjang fungsi pedestrian itu sendiri. Seperti, tempat duduk, tempat sampah, lampu penerangan, dan lantai khusus bagi orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Terkait fasilitas kursi pedestrian, kursi merupakan produk furniture yang berfungsi menjadi tempat duduk menunggu, istirahat, maupun santai bagi masyarakat khususnya pengguna pedestrian. Seberapa penting peran keberadaan kursi besi untuk pedestrian? Gudanglampuku akan mengulas secara singkat.

Membuat Orang-orang Merasa Aman dan Nyaman

Pejalan kaki tentu menginginkan rasa aman dan nyaman. Dengan berjalan kaki, tentunya mereka juga akan merasakan rasa lelah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka beberapa kursi besi atau kursi antik permanen maupun tidak permanen dipasang dipinggir-pinggir sepanjang pedestrian. Pengguna jalan bisa menggunakannya kala mereka lelah.

Tempat Duduk, Bersantai, dan Bercengkerama

Manfaat kedua, kursi pedestrian menjadi tempat duduk santai orang-orang yang menghabiskan waktunya di area perkotaan. Masyarakat akan betah berlama-lama menikmati keindahan taman kota. Sambil duduk-duduk dan berbincang bersama kawan sejawat, atau mungkin menunggu angkutan dan bus untuk berhenti.

Indikator Kemajuan Sebuah Tata Kota

Tata kota yang benar dan baik berorientasi pada keamanan, dan kenyamanan warganya. Selain itu, keindahan, kerapian, dan ketertiban menjadi poin tambahan. Pemerintah kota setempat memiliki kewajiban untuk memberikan fasilitas yang dimanfaatkan untuk publik. Jika hal tersebut bisa dipenuhi dan dikelola secara profesional, maka penataan pedestrian yang benar menjadi indikator kemajuan dan citra tersendiri bagi kota terkait.

Bisa Anda lihat, penataan trotoar di sepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta. Selain menertibkan pengguna jalan bermotor, pengguna jalan kaki mengambil manfaat yang cukup banyak, seperti dapat melihat, menikmati, dan belanja di sepanjang toko/pedagang Malioboro. Tak hanya itu, orang-orang mendapat kesempatan untuk mengabadikan momen saat berkunjung ke Malioboro.

Gudanglampuku menyediakan kebutuhan kursi pedestrian tersebut. Beragam jenis, bentuk dibuat agar pelanggan bisa memilih secara bebas tergantung permintaannya. Kursi pedestrian yang diproduksi Gudanglampuku berkualitas tinggi, tidak mudah berkarat walau terkena panas dan hujan, serta tahan lama.

Lalu, tunggu apa lagi, Mari Bermitra dengan Kami, dan Berikan Penataan Terbaik untuk Kota Anda

Tim Gudanglampuku

Author Tim Gudanglampuku

More posts by Tim Gudanglampuku

Leave a Reply