fabrikasi tiang papan nama

Hello sobat logam, gimana kabar kalian hari ini? Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan yang sehat jasmani dan rohani ya. Sobat logam pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar mengenai papan nama jalan. Itu lho yang sering kalian temui saat di persimpangan. Nah kali ini mimin kembali dengan informasi penting untuk kalian yaitu artikel tentang proses fabrikasi tiang papan nama. Yuk langsung aja simak artikel dibawah ini.

Papan nama jalan tentu sangat penting bagi masyarakat dan merupakan street furnicast yang wajib ada di tatanan ruang kota dan ruang publik. Street furnicast yang terbuat dari alumunium casting ini adalah jenis street furnicast yang multifungsi, bisa sebagai penunjuk arah, penunjuk suatu lokasi, papan pemberitahuan (berhenti, dilarang parkir, tempat berbahaya dan lain-lain). Bahkan papan nama juga bisa digunakan untuk menghiasi tempat-tempat tertentu seperti rest area, tempat wisata atau museum sobat.

Tiang Papan Nama dan Proses Fabrikasinya

Kalian mungkin tahu papan nama yang sudah pyur jadi tetapi kalian tahu nggak sih proses pembuatan / fabrikasinya? Nah untuk yang belum tahu akan mimin berikan sedikit pengetahuan mengenai proses fabrikasi tiang papan nama ya. Langkah pertama dalam pembuatan tiang papan nama dimulai dengan membuat desain gambar pada software CorelDRAW atau SolidWorks. Untuk software SolidWorks sendiri digunakan agar desain digital kompleks bisa berubah menjadi gambar model fisik yang detail. Sehingga untuk pembuatan papan nama, software ini diperlukan sebagai simulator dari bentuk papan nama yang akan diproses produksi.

Setelah desain papan nama sudah jadi, maka selanjutnya yakni proses CNC untuk pembuatan matras / cetakan. Karena mesin CNC dapat menghasilkan matras yang lebih presisi dan sesuai dengan rencana. Biasanya matras dibuat menggunakan papan MDF atau Medium Density Fiber. Papan jenis ini memiliki tekstur yang halus sehingga mudah diukir. Selanjutnya yaitu tahap pengepresan pattern.

Pada tahap pengepresan atau press cor menggunakan pasir cetak khusus karena memiliki sifat mampu bentuk. Nah setelah proses ini selesai maka langkah berikutnya adalah finishing. Untuk tahap finishing sendiri mencakup beberapa proses guys seperti grinding juga painting.

Agar permukaan ornamen pada papan nama lebih halus dan jelas maka langkah grinding diperlukan tujuan utama tahapan ini adalah memperhalus permukaan ornamennya. Di Putra Sari Logam tahapan painting dilakukan beberapa kali pewarnaan sobat. Sebab sebelum produk dicat sesuai permintaan terlebih dahulu diberi cat dasaran seperti hitam atau cat dasar lainnya. Setelah diberi warna dasarnya barulah diberi cat warna sesuai desain yang kemudian diulang beberapa kali untuk menghasilkan ketebalan warna yang berkualitas.

Ingat produk yang telah selesai tidak langsung ke tahap packing sobat. Produk akan tetap melewati tahapan QC (Quality Control), baik dari segi kelayakan produk (ketebalan, ukuran, komposisi, kualitas dan kuantitas), segi kehalusan permukaan ornamen, serta dari segi ketelitian dalam pewarnaan maka tugas QC sangat dibutuhkan agar produk dapat sesui standard. Setelah sukses melalui tahapan QC maka langkah selanjutnya yaitu packing dan pengiriman sobat.

Jadi, sobat logam bisa langsung pesan dan hubungi tim www.putrasarilogam.com atau www.gudanglampuku.com untuk detail produk dan alur pemesanannya.

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551 480 P : 0813 9300 6025

E : marketing@gudanglampuku.com

Tim Gudanglampuku

Author Tim Gudanglampuku

More posts by Tim Gudanglampuku

Leave a Reply

Menu