pola untuk alumunium cor

Hai-hai Sobat Logam! Jumpa lagi dengan mimin, gimana guys kabar kalian hari ini? Semoga sobat logam semua tetap diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah, Amiin. Kali ini mimin akan membahas artrikel mengenai jenis-jenis pola dalam cetakan cor. Nah yang biasanya mimin upload produknya kali ini ini mimin akan menyajikan artikel proses pembuatan ornamennya. Yuk langsung saja ke artikelnya!!

Jenis-jenis Pola dalam Proses Mengecor Alumunium

Nah, dalam melakukan proses pencetakan alumunium cor tentunya harus menggunakan pola terlebih dahulu. Pola sendiri merupakan gambaran dari bentuk produk yang akan dibuat. Pola juga dapat berbahan dasar dari kayu, plastik atau polimer maupun logam. Sedangkan pemilihan material yang digunakan untuk pembuatan pola tergantung pada bentuk dan ukuran, akurasi dimensi, jumlah serta jenis dari produk yang akan di cor.

Berikut merupakan jenis-jenis pola:

  1. Pola padat (one pice pattern/solid pattern)

Pola tunggal biasanya digunakan untuk bentuk produk yang sederhana dengan jumlah produk yang sedikit. Pola ini dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar kayu. Harga dari bahan kayu juga relatif terjangkau.

  1. Pola belah (spilt pattern)

Soal ini terdiri dari dua buah pola yang terpisah. Dengan jenis pola ini, maka akan diperoleh rongga cetak dari masing-masing pola. Kelemahan dari pola ini yaitu bentuk produk yang dihasilkan rumit dari pada pola tunggal.

  1. Match-piate pattern (Pola dengan dibantu papan penyambung)

Pola dengan jenis ini biasanya menggunakan bidang datar dimana dua buah pola yaitu bagian atas dan bawah dipasang berlawanan arah pada pelat  dasar (kayu / besi). Penggunaan pola ini sering digunakan bersama dengan mesin pembuat cetakan dan mampu menghasilkan laju produksi yang tinggi.

4. Pola cope dan drag

Pola ini hampir mirip pola dengan papan penyambung, bedanya untuk dua bagian pada pola belah belah masing-masing ditempelkan pada papan yang terpisah. Sehingga akan memberikan sistem saluran masuk dan riser.

Nah!! gudanglampuku juga memproduksi berbagai aksesoris dari alumunium guys, mulai dari furniture, furnicast, ornamen, bahkan miniatur guys. Ada yang penasaran dengan produk dari perusahaan kami!!! Kalian bisa lihat pada web www.putrasarilogam.com atau www.gudanglampuku.com.

Jadi, bagi sobat logam yang ingin melihat atau memesan bisa nih hubungi tim kami di kontak berikut untuk detail produk dan alur pemesanannya.

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551 480 P : 0813 9300 6025

E : marketing@gudanglampuku.com

Tim Gudanglampuku

Author Tim Gudanglampuku

More posts by Tim Gudanglampuku

Leave a Reply

Menu